8 manfaat konsumsi buah pepaya untuk kesehatan




Hampir 50% vitamin tersimpan dalam buah pepaya, jadi mustahil betul jika pepaya tidak berperan penting dalam mengontrol kondisi kesehatan seseorang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengenal manfaat pepaya bagi kesehatan dan obat tradisional dari penjelasan berikut.


1. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat Pepaya yang mungkin telah banyak diketahui bahwa dengan mengkonsumsi pepaya dapat menyehatkan pencernaan. Ini karena pepaya mengandung papain yang mampu mengurangi masalah yang timbul pada sistem pencernaan tubuh, kandungan serat pada pepaya juga cukup tinggi sehingga dapat meminimalisir terjadinya sembelit. 2. Mencegah serangan jantung dan stroke, Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

3. menyehatkan mata

Kandungan vitamin A pada buah pepaya akan membantu untuk meningkatkan penglihatan. Mengkonsumsi 3 atau lebih porsi buah pepaya per hari dapat menjaga penglihatan tetap normal, serta menurunkan penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa tua.

4. Mencegah Flu

Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker

5. Mencegah penuaan dini Kandungan


antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

6. Sipat anti kangker

Para peneliti telah menemukan bahwa pepaya efektif terhadap kanker pay*d ara, pankreas dan kanker lainnya. Sebuah ekstrak daun pepaya yang diperoleh dari daun kering, menghasilkan efek antikanker terhadap sel-sel tumor yang tumbuh dalam penelitian di laboratorium. Studi ini dilakukan oleh peneliti Nam Dang dan rekannya dari University of Florida di Jepang, bahwa efek yang lebih kuat ketika sel diberi dosis yang lebih besar. Para ilmuwan menemukan jika ekstrak daun pepaya membuat pertumbuhan tumor menjadi melambat. Buah pepaya telah mendapatkan kredibilitas, dan telah digunakan dalam banyak obat-obatan antikanker.


7. Menjadikan rambut lebat


Pepaya mengandung antioksidan tinggi yang dapat menjaga sel dari serangan radikal bebas dan mempertahankan kekenyalan kulit. Untuk menjadikan kulit terasa lebih kencang, campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu dan tepung beras. Pakailah masker pepaya tersebut di wajah selama dua puluh menit, seminggu tiga kali 8. Baik buat penderita penyakit diabetes Banyak sekali masyarakat yang berfikir rasa manis dari buah pepaya dapat menyebabkan peningkatan gula darah secara maksimal, padahal justru sebaliknya. Meski buah pepaya manis, tetapi buah satu ini tidak menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah. Malahan, kandungan serat terlarut dalam buah satu ini dipercaya mampu menurunkan dan mengontrol kadar gula dalam darah. sehingga buah pepaya sangatlah baik apabila dikonsumsi penderita diabetes, baik itu diabetes tipe 1 ataupun tipe 2 sekalipun.

0 komentar