manfaat kopi untuk kesehatan tubuh


Manfaat kopi ternyata memiliki sejumlahkandungan zat gizi baik bagi tubuh, bahkandiklaim menjadi salah satu fighter sejatiuntuk kanker. apakah benar?

. Ekstrak bijitanaman kopi inilah yang diolah menjadi bubuk kopi yang sering kita nikmati. Kopi biasanya menjadi teman dikala memulaikegiatan dipagi hari. Minuman berwarnahitam pekat ini, menuguhkan cita rasa yangunik, tidak heran banyak orang yangmemfavoritkan minuman. Di Indonesiasendiri banyak di daerah-daerah tertentu, minuman kopi menjadi sebuah tradisi yangunik.Sebuah penelitian sepanjang 13 tahun –dan melibatkan lebih dari 400 ribu orang– yang dilakukan oleh National Cancer Institute dan diterbitkan di ‘New England Journal of Medicine’, menyimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil.Berikut ini adalah manfaat minum kopi untuk kesehatan, yang telah dikonfirmasi dalam studi atau penelitian pada sampel manusia.

1. Kopi Bisa Meningkatkan Energi dan Membuat Anda Lebih Cerdas Kopi dapat meningkatkan energi karenamengandung stimulan yang disebut kafein,yang sebenarnya adalah zat psikoaktif yangpaling umum dikonsumsi di dunia. SetelahAnda minum kopi, kafein diserap ke dalamaliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. Banyak uji coba terkontrolpada manusia yang menunjukkan bahwakopi meningkatkan berbagai aspek darifungsi otak. Yakni termasuk memori,suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi,waktu reaksi dan fungsi umum kognitif.2. Kegunaan zat kafein pada coffee dapatmembantu hati dalam menjalankantugasnya serta mengurangi resiko penyakit sirosis hati dan bahkankanker.3. Mengonsumsi 200-300 mg kopi perhari membuat jantung bekerja lebih baik dengancara melancarkan peredaran darah saat Anda beristirahat.

4. Menjauhi jantung dari penyakit strokeSebagian orang percaya bahwa kopi dapat meningkatkan tekanan darah yang berpeluang menyebabkan stroke.Asumsi tersebut benar, namun efeknya hanya 3-4 mm/Hg, angka yang sedikit dan bisa dihilangkan apabila Anda minum kopi secara teratur serta tidak melebihi batas normal.

5. Jika anda ingin menghilangkan rasa ngantuk karena ingin melakukan kegiatan pentingseperti lembur malam, maka minumlah kopi.Karena kandungan dalam kopi ini dapatmembuat rasa kantuk menjadi hilang.6. Bberapa ilmuan mengatakan jika mengonsumsi kopi berkafein 2 cangkir saat sebelum olah raga intentisitas tinggi bisa berkurang nyeri tot atau reamatik sesudah berolah raga.

Sumber: berbagai sumber

0 komentar